Tips Tehnik Pembuatan Berita Pada Media Online Agar Populer No ratings yet.

Beritaupdate.id, Tips Jitu – Tips dan tehnik pembuatan berita pada prinsipnya sudah banyak yang mengetahui, namun tidak banyak yang mengetahui tehnik serta rahasia menulis berita online agar bisa langsung populer dan bisa terindex di Google. Kali ini team IT Beritaupdate,id akan sedikit berbagi tips soal rahasia itu.

Kelebihan dari Berita Online adalah tingkat penyebarannya yang begitu cepat dan sangat mudah untuk disebarkan. Cukup dengan sekali klik, maka berita tersebut sudah tersebar. Ini pulalah yang membuat Nilai Berita online sangat tinggi dimata pembaca, dan dengan cepat menjadi sebuah berita yang Viral ataupun berita yang menggemparkan

Element Berita

Rumus menulis berita standart berdasarkan elemen atau unsur 5W+1H (Who, What, Where, Why, How ) atau Siapa, Apa, Kapan, Di Mana, Kenapa, Bagaimana.

  • WHO – SIAPA, terlibat dalam peristiwa pelaku, korban, orang, lembaga, organisasi dan sebagainya
  • WHAT – APA yang terjadi atau kejadian apa, peristiwa, acara dan sebagainya.
  • WHEN – KAPAN kejadiannya, dimana unsur tempat kejadian.
  • WHY – KENAPA terjadi demikian, apa penyebab peristiwa atau latar belakangnya, apa tujuannya, mengapa itu dilakukan dan sebagainya
  • HOW – BAGAIMANA proses kejadiannya, apa saja acaranya, siapa saja pembicaranya, dan sebagainya.

#Populer Media – Dikunjungi hampir 5000 vitor/hari dan 45 sedang ONLINE

Tehnik Penulisan Berita

Ada berbagai Tehnik Penulisan Berita yang perlu diperhatikan agar berita online menjadi daya tarik untuk dibaca, bukan hanya sekedar menulis saja, atau asal muncul konten berita secara online saja/ Namun perlu memperhatikan hal-hal ini :

  • Anatomi berita, sebelum menulis berita maka pelajarilah teknik menulis berita dengan memperhatikan Anatomi berita yang terdiri dari judul atau kepala berita (headline), Baris tanggal (dateline), Teras berita (lead atau intro), dan Tubuh berita (body).
  • Scannability (mudah dipindai), teknik penulisan berita Scannability merupakan sebuah teknik penulisan yang bertujuan untuk membuat berita online tersebut mudah untuk dipindai, enak untuk dilihat dan dipandang serta menarik minat untuk membacanya.
  • Readability (mudah dibaca), memiliki tujuan untuk membuat suatu berita online yang mudah dibaca, enak dibaca serta nyaman dan tidak membuat sakit mata ketika membacanya.
  • Usability (berguna), sebuah berita online haruslah memiliki kegunaan dan manfaat bagi para pembacanya, serta haruslah mampu untuk mengakomodir apa yang dicari dan dibutuhkan orang. Sebagai contoh, teknik penulisan yang berguna adalah seperti artikel yang anda baca sekarang ini, dimana kegunaannya adalah untuk memberitahukan kamu teknik-teknik penulisan berita online.
  • Findability (mudah ditemukan), selain mudah ditemukan, berita online harus mudah untuk dibuka serta mudah untuk dibagikan. Teknik penulisan yang satu ini sering juga disebut sebagai teknik SEO.
  • Visibility (mudah dilihat) , teknik visibility yang dipelajari dan diaplikasikan dengan baik dan benar, akan membuat sebuah berita memiliki nilai jual yang lebih daripada berita online lainnya.
  • Pemilihan judul, Judul sebuah berita online haruslah mampu menarik minat pembaca untuk membaca berita tersebut dan membagikannya.
  • Alinea Pendek, sebuah berita pada media online, haruslah dituliskan dengan alinea pendek dan tidak terlalu panjang penulisannya. Hal ini berguna untuk tetap menjaga konsentrasi dan kemudahan pembaca dalam membaca tulisan. Biasanya, berita online paling banyak hanya menggunakan 5 baris tulisan saja untuk setiap alinea ataupun paragrafnya
  • Highlight,   merupakan teknik penulisan berita pada media online yang hampir sama fungsinya dengan teknik Visibility pada point kelima. Contoh pengaplikasian yang benar seperti misalnya jika ada bahasa atau tanda khusus, maka berikan tulisan dengan gaya bold, atau di miringkan (italic) atau di- block qoute.

Itulah Tips dan tehnik pembuatan berita online pada media online agar nyaman, efektif selain memperhatikan konten yang terdapat didalamnya serta tetap mengacu pada ketentuan Undang-Undang Pers No.40 di Indonesia.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: