Sekretaris Dispora Kab.Gowa Dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara No ratings yet.

Beritaupdate.id, Gowa – Bawaslu Kab.Gowa melaporkan Drs.H.Sappe Mangiriang,MM yang menjabat sebagai Sekretaris DISPORA Kab.Gowa ke Komisi Aparatur Sipil Negara(KASN) karena terbukti melakukan pelanggaran Pemilu.

Sebelumnya,Bawaslu Kab.Gowa telah mempelajari berkas dugaan pelanggaran tersebut sejak tanggal 18 desember 2018 hingga 7 januari 2019 dengan mengacu pada ketentuan Pasal 282 dan 283 UU No.7 tahun 2017 tentang pemilu yakni larangan membuat keputusan dan tindakan yang menguntungkan peserta pemilu (pasal 282) serta melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan terhadap peserta pemilu selama dan setelah masa kampanye (pasal 283).

Selain pelanggaran terhadap undang-undang pemilu,lelaki yang akrab dipanggil H.Sappe tersebut juga terbukti melakukan pelanggaran UU No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN pasal 9 ayat (2) yang mengatur tentang netralitas pegawai ASN yang harus bebas dari intervensi semua golongan dan partai politik.

Kronologis kejadian bermula ketika H. Sappe mengadakan acara syukuran pada hari rabu tanggal 12 desember 2018 lalu di salah satu tempat yang telah ia tentukan dengan mengundang Calon anggota legislatif(Caleg) dan memberikan kesempatan kepada Caleg tersebut untuk berbicara pada kegiatan syukuran tersebut.hal inilah yang kemudian dipersoalkan oleh Bawaslu Kab.Gowa karena dianggap sebagai sebuah tindakan pelanggaran pemilu hingga akhirnya setelah berkas dugaan pelanggaran tersebut dipelajari bersama aparat Kepolisian dan Kejaksaan melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu(Gakkumdu) yang dilakukan dalam satu atap,maka

Bawaslu Kab.Gowa resmi melaporkan Drs.H.Sappe Mangiriang,M.M pada Komisi Aparatur Sipil Negara(KASN) pada hari senin,7 januari 2019.

Terkait sanksi apa yang akan dijatuhkan terhadap terlapor,dalam Press Release yang diterima redaksi beritaupdate pagi tadi via WhatsApp, Bawaslu Kab.Gowa melalui Komisioner divisi penindakan pelanggaran pemilu, Yusnaeni,S,Pd.,M.Pd.menyerahkan kebijakan tersebut kepada Komisi Aparatur Sipil Negara(KASN) selaku lembaga negara nonstruktural yang bersifat mandiri dan bebas dari intervensi politik untuk menjatuhkan sanksi terhadap terlapor demi terciptanya pegawai ASN yang menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalitas.(Muh.Arief)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: