Polda Sulsel, Sat.Brimob dan PMI Giat Pembersihan Sumur di Kab.Jeneponto No ratings yet.

Beritaupdate.id, Jeneponto – Bantuan 10 unit mesin pengisap air ini berasal dari Yayasan Haji Kalla bekerjasama dgn Satuan Brimob Polda Sulsel dan PMI Sulsel.
Setiap hari ada 3 tim yg bekerja untuk membersihkan sumur warga. Rata-rata sekitar 30 sumur yang dikuras lumpurnya sampai bersih dan hilang baunya.

Selain itu, PMI dan Yayasan Haji Kalla juga mendistribusikan air bersih kepada korban banjir di Kabupaten Jeneponto. Distribusi air bersih menggunakan 2 unit truk tangki air PMI yg didatangkan dari Palu Sulteng.

PMI mengambil air bersih dari PDAM Kab. Bantaeng karena PDAM Jeneponto lumpuh dan tidak beroperasi lagi memproduksi air bersih dikarenakan mesin penjernih air terendam lumpur dan pipa distribusinya banyak yg patah akibat terjangan banjir bandang yg disertai batang pohon dan bebatuan yang hanyut dari hulu sungai kelara.

PMI setiap harinya mendistribusikan 24.000 liter air bersih kepada korban banjir untuk mereka gunakan memasak. Rencananya PMI akan memproduksi sendiri air bersih menggunakan 2 alat watsan milik PMI yang didatangkan dari Pusat Watsan PMI di Jatinangor Jawa Barat. Produksi mesin milik PMI ini sekitar 6.000 liter perjam setiap unitnya. Hal ini dilakukan PMI untuk memperpendek jalur distribusi air bersih kepada warga, daripada mengambil sumber air bersih dari Bantaeng yang jaraknya 60 KM.(*red_cakra)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: