PEDULI PENCEGAHAN COVID-19, PIMPINAN PONPES DARUL ISTIQOMAH HIMBAU WARGA KAB. MAROS AGAR MENERAPKAN POLA HIDUP 4 M. No ratings yet.

Beritaupdate.id Maros – Meningkatnya kasus warga yang terkonfirmasi covid-19 di Kab. Maros yang saat ini menempati urutan ke 4 di Sulawesi selatan setelah Kota Makassar, Kab. Gowa, Kab. Luwu timur, Pemerintah terus menerus melakukan pencegahan salah satunya dengan penegakan disiplin terhadap warga dalam menjalani keseharian dengan menggunakan masker.

Kab. Maros adalah merupakan daerah perbatasan atau penyangga Kota Makassar yang sangat perlu mendapatkan perhatian dan warganya harus disiplin hidup sehat sealama masa adaptasi kebiasaan baru.

Dengan belum adanya obat paten yang bisa menyembuhkan ataupun anti covid-19, salah satu upaya Pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19 dimasyarakat adalah dengan disiplin menerapkan 4 M yaitu :
1. Memakai masker.
2. Mencuci tangan.
3. Menjaga jarak
4. Menghindari kerumunan.

Salah satu lembaga pendidikan keagaaman yang turut berperan membantu Pemerintah dalam memberikan himbauan dan pemahaman warga masyarakat Kab. Maros dalam menerapkan pola hidup 4 M adalah Pondok pesantren Darul Istiqomah yang berlokasi Jl. Poros Makassar KM. 25 Kel. Bontoa Kec. Mandai Kab. Maros.

Sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Darul Istiqomah, Ustadz Mutahhir Arif Lc, M.Pd memberikan himbauan pasca pelaksanaan sholat Jumat di Mesjid Jami Darul Istiqomah (18/9/2020) kepada para jamaah yang terdiri dari warga setempat dan warga Ponpes dengan mengajak warga untuk senantiasa hidup sehat dan disiplin dalam suasana adaptasi kebiasaan baru dengan menerapkan 4 M tersebut. Hal ini sebagai bentuk sosialisasi mencegah penyebaran covid-19 karena hingga saat ini belum ada obat yang bisa mengatasi virus tersebut.

“Dalam keseharian kita, mari kita sama-sama mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan pola hidup 4 M yaitu selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau handzinitiser, menjaga jarak dan menghindari kerumunan sebagai upaya dalam mencegah penyebaran covid-19. Semoga kita semua terhindari dari wabah tersebut dan secepatnya bisa berlalu agar kita bisa hidup normal kembali “ Kata Ustadz Mutahhir dalam sambutannya.

Sebagai tokoh agama, upaya lainnya yang dilakukan dalam pencegahan covid-19 agar diketahui oleh masyarakat luas, Ustadz Mutahhir Lc, M.Pd juga membuat testimony berupa video berisi ceramah singkat berisi himbauan kepada warga Kab. Maros agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dengan menerapkan 4 M sebagai langkah pencegahan covid-19.

Upaya tersebut sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19 di masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan saat menyambut Tim Dit Intelkam Polda Sulsel dipimpin Ipda Suhardi, SH saat bersilaturahim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Kab. Maros.

Tim Dit Intelkam mengapresiasi langkah Ustadz Mutahhir Lc yang sangat aktif berperan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19.

Penulis : (Cakra)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: