KOOPSAU II MELAKSANAKAN PELATIHAN OPERATOR APLIKASI SIMTELOG TAHUN 2019

Beritaupdate.id Makassar – Komando Operasi TNI Angkatan Udara II melaksanakan kegiatan Pelatihan Operator Aplikasi Sistem Informasi Managemen Terintegrasi Logistik (Simtelog) Tahun 2019, yang berlangsung di Ruang Rapat Surya Dharma Maoopsau II Selasa (24/09/2019).

Acara ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 26 September 2019. Hadir dalam memberikan pelatihan adalah Kasubdis Siduklog Disinfolahtau Mabesau Kolonel Lek Gunarijadi Beserta Rombongan.

” Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan, T., M.D.S., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Askomlek Kas Koopsau II Kolonel Lek Sudirman Harun mengatakan, bahwa Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain yang berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan,

Dan mengendalikan keefisienan dan keefektifan penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi terkait dari titik permulaan (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

” Lebih Lanjut Pangkoopsau II mengatakan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang terintegrasi antara manusia dan mesin yang mampu memberikan informasi sedemikian rupa untuk menunjang jalannya operasi, dan jalannya manajemen dan fungsi pengambilan keputusan di dalam sebuah organisasi.

Sistem tersebut menggunakan perangkat keras dan lunak (software dan hardware), prosedur manual, model-model untuk analisa, perencanaan dan pengambilan keputusan juga database. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen Logistik adalah sistem informasi yang terpadu antara manusia dan komputer dan berfungsi dalam pengelolaan persediaan dengan tujuan menyediakan informasi untuk analisa, perencanaan, operasional, dan pengendalian, dalam mendukung pengambilan keputusan manajemen dalam sebuah organisasi.

Perlu juga saudara ketahui bahwa dalam sistem informasi ada data dan ada informasi. Data adalah fakta-fakta yang terkumpul dari suatu pengamatan atau pengukuran, sedangkan informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang penuh arti bagi pemakai dan memiliki arti riil dalam tindakan-tindakan saat ini dan yang akan datang dalam pengambilan keputusan. Hubungan antara data dan informasi adalah seperti bahan mentah dan barang jadi.

“Dengan demikian informasi hanya akan memiliki nilai sepanjang dia mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan hasilnya lebih baik dibandingkan dengan pengambilan keputusan tanpa informasi tersebut. Agar dapat berguna bagi proses pengambilan keputusan, maka informasi tersebut harus aktual, tersedia tepat waktu dan tepat guna Kata Pangkoopsau II.

Atas dasar pengertian tersebut di atas, besar harapan saya kepada seluruh peserta pelatihan operator aplikasi sistem informasi managemen terintegrasi logistik (Simtelog) Angkatan Udara ini, dapat memperoleh pemahaman yang benar tentang hal tersebut sehingga nantinya dapat diaplikasikan di satuan kerja masing-masing Pungkas Marsda TNI Donny Ermawan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: