Ini Resep Jalangkote Makassar Yang Paling Lezat No ratings yet.

Beritaupdate.id, Tips Trik – Jalangkote merupakan makanan khas asli Makassar yang bentuknya sama dengan pastel pada umumnya kita temukan di tempat beli jajanan. Hanya saja terkadang isinya berbeda dari yang lain.

Makanan ini pun bisa menjadi salah satu opsi yang bisa dihidangkan saat buka puasa nanti bersama keluarga. Bentuknya yang kecil bukan hanya disajikan untuk teman ngobrol melainkan bisa juga untuk menjadi lauk utama. Dibawah ini adalah Resep Jalangkote Makassar yang paling lezat dan bisa Anda praktekkan.




Bahan-Bahan Jalangkote

Dalam membuat Jalangkote ini,  ada dua bahan utama yang harus diperhatikan, yaitu bahan luar dan juga bahan isian.

Untuk bahan luar, siapkan 200 gram tepung terigu, satu butir telur ayam, 60 mililiter susu full cream, setengah sendok teh garam, 50 mililiter minyak hangat dan jangan lupa penyedap rasa yang bisa ditemukan di toko kelontong ataupun supermarket (rasa bisa disesuaikan sesuai selera).

Kemudian, untuk bahan isiannya, sediakan 75 gram wortel dan kentang (yang sudah dikupas) dengan dipotong dadu kecil, 100 gram daging sapi giling, 2 butir telur ayam yang sudah direbus lalu dibagi 6, 50 gram tauge, 25 gram suun.

Kemudian 1 batang daun bawang diiris tipis, 1 bungkus penyedap rasa (sesuai selera), setengah sendok teh merica putih bubuk, setengah sendok teh pala bubuk, 1 sendok teh gula pasir, 25 mililiter air dan yang terakhir, 2 sendok makan minyak.

Cara Membuat Jalangkote

Untuk bahan isian:

Panaskan minyak, lalu masukkan daging sapi, wortel, kentang dan daun bawang yang tadi sudah disiapkan untuk ditumis hingga matang.

Lalu, masukkan bahan lainnya yaitu air, tauge, dan suun kemudian di aduk rata.

Selanjutnya siapkan mangkuk, setelah itu, masukkan penyedap rasa (sesuai selera), dengan merica, pala, dan gula pasir. Diaduk hingga merata jika sudah selesai angkat dan sisihkan.

Untuk Bahan Luar ( Kulit Jalangkote )

Campur terigu dengan telur, garam dan susu. Seperti biasa diaduk secara merata, jangan lupa ditambah minyak, terus diaduk kembali sampai adonan kalis.

Setelah adonan sudah kalis, ambil adonan sebanyak 20 gram dan bulatkan dengan tangan kosong, pipihkan adonan dan beri isian yang tadi sudah dibuat.

Berikutnya, tutup dan bentuk adonan menjadi setengah lingkaran.

Dan terakhir, goreng Jalangkote hingga matang dan kecoklatan, angkat dan tiriskan. Semoga Bermanfaat.-(**)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: