HMI Makassar Melakukan Dialog Publik Tentang Tema “Peran Pemuda Dalam Mengawal Demokrasi”

Beritaupdate.id Makassar – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Makassar. Telah melaksanakan Dialog Publik di Country Cafe Resto, Sekitar Pukul 14.30 Wita, beralamat Jalan. Toddopuli Raya Timur No. A3 Kel. Paropo, Kec. Panakkukang, Kota Makassar. Jumat (07/02/2020)

Dalam pelaksanaan Dialog Publik, yang turut Hadir adalah: Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono, Bawaslu Kota Makassar ABD. HAFID., S. Sos., M.Si., KPU Kota Makassar Gunawan Mashar, Dekan Fakultas Ekonomi UNIBOS Dr.Andi Arifuddin Mane, S.E., M.Si., S.H., M.H dan Ketua DPD II KNPI Kota Makassar Rio Christopher Aviary
Juga Moderator, Makmur.

” Kapolrestabes Makassar menambahkan dalam dialog Publik ini. Kami akan mengadakan pertemuan Senin depan pada tanggal 17 Februari 2020 Tentang tema “Silaturahmi Akbar,” pembicaraan tersebut berguna unutuk membuka wawasan pemuda yang ada di makassar dan menawarkan Pekerjaan di 27 perusahaan bagi mahasiswa yang memiliki potensi” juga usaha dalam belajar. Dan mengundang seluruh pelajar dan Mahasiswa di Makassar ± 700 pemuda mahasiswa.

Dan semua pemuda pelajar/mahasiswa baik yang masih aktif kuliah maupun yang sudah selesai. Juga Menghimbau kepada mahasiswa agar dalam pilkada, di daerah selain makassar dapat berjalan dengan aman dan berkah, sehingga membangun kota makassar yang lebih maju.

Juga Mewaspadai tentang berita atau postingan Hoax yang digunakan oleh kandidat dalam pilkada, jangan mudah terpengaruh berita-berita seperti itu (Hoax)

Paparan” Abdul Hafid (bawaslu)
menghimbau kepada pemuda, untuk memerangi politk-politik uang. Bawaslu berperan dalam mencegah terjadinya pelanggaran’ dalam pilkada. Juga meminta kepada pemuda-pemuda agar mengawal dan membantu jika ada yang menemukan pelanggaran dalam pemilihan, kiranya segera di laporkan ke Bawaslu

Narasumber dari ekonomi menjelaskan
dalam marketing politik, kebanyakan orang yang dipilih jadi pemimpin, ialah orang sudah dipersiapkan dari kecil oleh keluarga pemimpin sebelumnya. Maka dari itu teman Akrivis harus lebih berusaha lagi untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk menjadi seorang pemimpin. Dalam marketing politik ada yang di sebut promotion.

Aktivis atau pemuda sekarang harus lebih dekat dan dikenal oleh masyarakat, hak,” dalam memilih harus diperhatikan. Contohnya, kasus kepala desa yang tidak sejalur oleh pimpinan, akan diperiksa. kepdes yang memilih pimpinan yang bukan pilihannya ia akan diperiksa oleh pihak kepolisian.

” Dalam Dialog Publik Muhammad Fadel melakukan pertanyaan. Bagaimana cara mencegah kegagalan dalam Pilkada tahun ini sehingga tidak terjadi seperti pemilu kemarin ?.

” ABD. Hafid S,Sos M.Si menjelaskan bahwa saya rasa demokrasi kita saat ini tidak gagal karena demokrasi sampai sekarang masih berjalan, jadi tidak bisa di katakan gagal.

Dan pertanyaan kedua dari Mahsiswa” (HMI), bagaimana yang dimaksud dengan Money politik ?.

ABD. Hafid, bahwa Politik uang merupakan bentuk pemberian atau janji dengan tujuan menyuap seseorang baik supaya orang itu tidak menjalankan hak untuk memilih maupun ia menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat pemilihan umum. Jika kedapatan akan dipidanakan, dengan pidana hukuman penjara paling lama tiga tahun. Pidana itu dikenakan juga kepada yang menerima.

Giat Dialog Publik, di tutup dengan Pemotongan Kue Ulang Tahun HMI ke-73 dan dilanjutkan foto bersama para tamu undangan.

Reporter : Cakra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: