Cara Yang Tepat Mencuci Masker Kain Menurut Pakar Kesehatan No ratings yet.

Beritaupdate.id, Tips & Trik – Melihat kondisi penyebaran virus corona yang semakin meluas dengan bukti bertambahnya pasien-pasien covid-19, alangkah baiknya menggunakan masker kain saja. Kenapa? Karena lebih hemat biaya dengan cara mencuci dan menggunakannya kembali tanpa harus membuangnya setelah digunakan.

Namun, dalam kondisi seperti ini harus dipastikan masker yang dicuci sudah benar-benar bersih dan pastikan  mencuci masker setiap hari. Berikut cara mencuci masker kain dengan baik dan benar agar mikroba yang tersaring pada masker dapat terbunuh menurut pakar kesehatan dunia.

Cara Mencuci Masker Kain

Sebelum mencuci masker kain, mari kira siapkan terlebih dahulu alat-alat dan bahan yang diperlukan:

  • 2 buah baskom atau 2 buah wadah untuk menampung air, pastikan wadah ini cukup untuk merendam masker kain
  • Disinfektan / bahan aktif lainnya, jika tidak memiliki bahan-bahan ini, bisa gunakan diterjen
  • Air panas setidaknya 60 derajat Celcius (2 tahap)
  • Penjempit jemuran
  • sarung tangan karet
  • Pastikan memiliki tempat untuk mencuci dengan air mengalir seperti di kran kamar mandi atau wastafel

Setelah semua alat dan bahan tersedia, artinya sudah siap untuk mencuci masker!

1. Tuangkan Air Panas

Langkah pertama, tuangkan air panas ke dalam baskom atau tempat untuk menampung air, pastikan kedalaman air cukup untuk merendam masker secara keseluruhan.

2. Tuangkan Disinfektan

Tuangkan disinfektan pada air panas, disarankan untuk menggunakan disinfektan atau bahan aktif lainnya karena lebih efektif membunuh mikroba. Jika tidak ada, bisa menggunakan diterjen, tuangkan hingga merata. Untuk takarannya,  bisa lihat pada kemasan, biasanya 1/2 – 1 tutup botol kemasan tersebut.

3. Rendam Masker

Langkah berikutnya adalah merendam masker kain yang sudah gunakan hari ini ke dalam air panas yang sudah tercampur dengan disinfektan, pastikan semua bagian masker terendam dalam air panas. Diamkan setidaknya 20 menit.

4. Bersihkan Masker

Setelah menunggu 20 menit atau lebih, kucek masker kain dengan tangan seperti mencuci baju. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet ya. Jika tidak ada sarung tangan karet, gunakan tangan secara langsung pun tidak masalah, tapi pastikan tidak memegang muka, bersentuhan dengan orang lain, dan gunakan hand sanitizer setelah langkah ini selesai.

Pastikan menekan dan mengucek seluruh bagian pada masker, khususnya pada bagian tengah masker kain.

5. Cuci Masker

Setelah melakukan pengucekan pada masker, bilas masker dengan air mengalir (kran) dan peras sekuat tenaga hingga kering.

Anda juga harus tuangkan kembali air panas seperti langkah pertama di atas, tapi kali ini tuangkan air panas pada wadah atau baskom yang baru.

Kemudian rendam kembali masker kain ke dalam air panas yang baru dan diamkan setidaknya 20 menit.

6. Bilas dan Keringkan Masker

Setelah menunggu 20 menit atau lebih, lakukan kembali langkah ke-4 di atas. Setelah itu, cuci masker dengan air mengalir lalu keringkan masker dengan cara menjemurnya.

Jemur masker pada tempat terbuka agar terkena sinar matahari, gunakan jepitan jemuran untuk menjemur masker agar tidak mengenai kawat atau tali jemuran secara langsung.

Sekarang, giliran membersihkan tanganmu setelah mencuci masker tadi. Gunakan hand sanitizer atau bahan lainnya yang biasa gunakan untuk membersihakan tanganmu.

7. Setrika Masker

Setelah masker selesai dijemur, setrika masker seperti menyetrika baju. Jika jenis masker  tidak mungkin untuk disetrika, pastikan masker sudah kering secara keseluruhan saat menjemurnya tadi. Semprotkan sedikit hand sanitizer, atau disinfektan, atau bahan serupa lainnya pada masker kain tersebut sebelum menyimpannya atau sebelum  menggunakannya kembali.

Selesai, sekarang masker kain  sudah siap untuk digunakan kembali

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: