Bitcoin Mining di China Ditutup Paksa, Peluang Manfaat Untuk Negara Lain No ratings yet.

Beritaupdate.id, Bisnis Cypto – Menurut data dari Cambridge Center for Alternative Finance, tingkat hash bitcoin di Qinghai hanya menyumbang 0,26% dari total jaringan pada April 2020 sedangkan daya komputasi yang terletak di Xinjiang lebih dari 40%.


Penambang Bitcoin di salah satu zona pengembangan ekonomi dan teknologi utama di provinsi Xinjiang China telah diperintahkan untuk segera menutup operasi mereka.

Komisi Reformasi dan Pembangunan di Prefektur Otonomi Changji Hui di Xinjiang mengeluarkan pemberitahuan pada hari Rabu kepada pejabat pemerintah bawahannya di Taman Pengembangan Teknologi Ekonomi Zhundong. Menurut pemberitahuan yang dilihat dan diverifikasi oleh The Block, pejabat di taman pengembangan telah diinstruksikan untuk menutup semua aktivitas penambangan kripto di bawah administrasi mereka pada pukul 14:00 waktu China pada hari Rabu.

Taman ini adalah area seluas 15.500 km persegi yang menjadi rumah bagi berbagai industri produksi batu bara termasuk pembangkit listrik berbasis batu bara dan pabrik industri. Ini juga menampung beberapa fasilitas penambangan bitcoin terbesar di negara ini karena kapasitas energi bahan bakar fosil yang tinggi.

Instruksi tersebut didasarkan pada perdagangan bitcoin tingkat tinggi dan komentar penumpasan penambangan yang diangkat selama pertemuan Dewan Negara China bulan lalu, kata pemberitahuan itu.

Pemberitahuan tersebut mengutip ” Langkah-langkah untuk Pemeriksaan Konservasi Energi dari Proyek Investasi Aset Tetap ” yang disahkan oleh Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China sebagai peraturan yang relevan bagi pejabat pemerintah untuk melaksanakan perintah tersebut.

Meskipun sulit untuk menentukan dengan tepat berapa banyak kapasitas energi yang sebenarnya menggerakkan operasi penambangan bitcoin di Prefektur Changji, taman pengembangan Zhundong dikenal sebagai pusat penambangan bitcoin utama di Xinjiang dengan energi bahan bakar fosil yang dominan.

Dampak tingkat hash

Langkah-langkah Xinjiang pada hari Rabu dapat memberikan dampak yang lebih serius pada tingkat hash bitcoin daripada yang dikeluarkan oleh mitranya di Mongolia Dalam.

Meskipun kedua provinsi sebagian besar bergantung pada energi bahan bakar fosil, operasi penambangan bitcoin di Xinjiang selalu melebihi skala di Mongolia Dalam. Selanjutnya, penambang bitcoin di Mongolia Dalam telah pindah dari wilayah tersebut sejak awal Maret.

Total daya komputasi rata-rata tujuh hari Bitcoin telah mengalami sedikit pertumbuhan menjadi 150 exahash per detik (EH/s) sejak penyesuaian kesulitan penambangan terakhir yang terjadi pada 29 Mei.

Dewan Negara China, kabinet pemerintah pusat, membuat komentar tentang menindak perdagangan dan penambangan bitcoin dalam sebuah pertemuan bulan lalu.

Kekhawatiran itu disebabkan oleh kesimpulan bahwa pertumbuhan penambangan bitcoin di China berada di balik meningkatnya permintaan batu bara di beberapa bagian China, menurut laporan Bloomberg. Pemerintah di Mongolia Dalam segera bereaksi dengan rencana untuk menegakkan delapan langkah untuk mengusir operasi penambangan bitcoin di daerah tersebut.

Sementara itu, pemerintah di Sichuan, pusat penambangan bitcoin besar lainnya yang dikenal dengan pembangkit listrik tenaga airnya yang murah, mengadakan pertemuan minggu lalu untuk mengukur bagaimana mematikan penambang bitcoin akan mempengaruhi ekonomi pembangkit listrik tenaga air lokal. Tidak ada rencana segera diumumkan selama pertemuan.

Tindakan keras penambangan bitcoin yang membayangi di China sejauh ini telah menciptakan tantangan yang sama besarnya dengan peluang bagi peternakan penambangan bitcoin di luar negeri karena investor China telah beralih ke rencana cadangan.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *