Angin Kencang Puting Beliung Semalam, Menghantam Bangunan Warga di Kab.Pangkep No ratings yet.

Beritaupdate.id, Pangkep – Angin Puting Beliung yang menghantam Rumah Warga pada Hari Minggu tanggal 30 Desember 2018 jam 04.30 wita. Puting beliung merupakan dampak ikutan awan Cumulonimbus (Cb) yang biasa tumbuh selama   periode musim hujan, tetapi tidak semua pertumbuhan awan CB akan menimbulkan angin puting
beliung.  Penyebab Terjadinya Angin Puting Beliung disebabkan karena Udara panas dan dingin bertemu, sehingga saling bentrok dan terbentuklah puting beliung. Selain itu juga karen Dalam awan terjadi arus udara naik ke atas yang kuat. Hujan belum turun, titik-titik air maupun Kristal es masih tertahan oleh arus udara yang naik ke atas puncak awan.

Curah hujan yang cukup tinggi serta angin kencang berupa Puting Beliung ini merusak rumah warga bernama Raba (70th) di Lejang Kelurahan Samalewa Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep. Selain itu masih ada 3 rumah yang disapu oleh angin puting beliung ini, antara lain rumah Hasbiah (60th), Rumah Jumriah (43th) dan Abd.Wahid semuanya berada di Kelurahan Samalewa, Pangkep.

Dari kejadian ini, kerugian yang timbul ditaksir sekitar puluhan juta. Hingga diturunkan berita ini, ke 4 warga secara mandiri membenahi sisa-sisa material bangunan yang masih bisa dipergunakan kembali untuk menutupi atap rumah dan tiang roboh akibat puting beliung semalam.(*red_ckr)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: