AMA NTT UNRAS DIBAWA FLY OVER MENUNTUT USUT TUNTAS PENYELUNDUPAN KOMODO No ratings yet.

Beritaupdate.id, Makassar – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam ALIANSI MAHASISWA-NTT (AMA-NTT) Makassar melakukan aksi unjuk rasa dibawa jembatan fly over dan bundaran Hertasning sekitar pukul 15. 30 wita. Kota Makassar. Hari Selasa 01/04/2019.

Melalui pesan WA Libertus Lesing selaku Jendral lapangan dalam aksi ini mengatakan bahwa perburuan dan perdagangan satwa merupakan ancaman utama terhadap keberlangsungan hidup satwa yang dilindungi, Nilai jual yang tinggi dari satwa tersebut mendorong manusia untuk melakukan perdagangan ilegal terhadap satwa yang dilindungi tersebut, dalam hal ini proses transaksi jual beli Komodo.

Lebih lanjut Ibe sapaan akrab Libertus mengatakan, Apa yang terjadi di Taman Nasional Komodo (TNK) Kabupaten Manggarai Barat NTT sudah merupakan kejahatan terhadap satwa Komodo yang dilakukan secara terorganisir dengan rapi dan memiliki jaringan yang luas, mulai dari tingkat Lokal, nasional maupun internasional.

Kamipun heran dengan kejadian ini, kemanakah Pemprof NTT, Pemkab Manggarai barat dan Pihak penegak hukum dilingkup Propinsi NTT Serta Dinas Pariwisata manggarai barat dalam melakukan pengawasan terhadap para wisatawan yang masuk di Taman Nasional Komodo?. Jelas ini merupakan tindakan yang melanggar hukum, sebagaiman dijelaskan dalam UU No 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan Ekosistemnya. Siapapun yang berani melanggar hukum, maka harus dipertanggung jawabkan pula dimata hukum.

Dan adapun tuntutan dari ALIANSI MAHASISWA – NTT dalam aksi unjuk rasa ini :
1. Hentikan praktek yang menjadikan Taman Nasional Komodo (TNK) sebagai aset bisnis

2. Usut tuntas dalang dibalik penyelundupan 40 ekor komodo keluar area Taman Nasional Komodo (TNK)

3. Kembalikan Komodo yang berhasil digagalkan dalam transaksi jual beli kepada Habitanya di Tamana Nasional Komodo (TNK)

4. Segera lakukan evaluasi terhadap dina Pariwisata Kabupaten manggarai barat

5. Tegakan UU No 5 tahun 1990

6. Jika dari 5 point diatas tidak diindahkan, Makan Kami mendesak KAPOLRI untuk Copot KAPOLDA NTT dari jabatanya.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, semua mahasiswa yang tergabung dalam ALIANSI MAHASISWA-NTT melakukan Orasi secara bergantian.

(WS)

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: