Terbukti Menyebarkan HOAX, Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara

Beritaupdatr.id, Jakarta -Telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menyiarkan pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat,” demikian keputusan majelis hakim PN Jaksel.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Ratna Sarumpaet oleh karena itu dengan pidana penjara selama dua tahun,” kata anggota majelis hakim, Joni.

Dalam amar putusan, Ratna dijerat 2 pasal, pertama Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana karena diduga dengan sengaja menimbulkan keonaran. Kedua, Pasal 28 ayat 2 UU ITE.

Vonis hukuman dua tahun penjara atas Ratna Sarumpaet ini lebih rendah dari tuntutan enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum

Adapun jaksa penuntut tetap bersikukuh Ratna terbukti menyebarkan berita bohong, baik secara langsung atau tidak langsung, yang menyebabkan keonaran.

Jaksa menyandarkan pada fakta persidangan, seperti terekam dari kesaksian sejumlah saksi yang dikirimi foto Ratna dengan wajah lebam yang disertai keterangan akibat pemukulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *