:: PROMO PASANG IKLAN di BERITAUPDATE.ID, khusus PERIODE JAN-FEB 2019 IKLAN SLIDE 320X320 pixel, HANYA Rp500K per bulan ::

Sjamsul Nursalim Ditetapkan Sebagai Tersangka oleh KPK Hari Ini

Beritaupdate.id. Nasional – Penetapan tersangka terhadap Sjamsul – yang saat ini tinggal di Singapura – dipastikan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang. Menurut Forbes, Sjamsul Nursalim, berada di posisi ke 36 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan US$810 juta atau sekitar Rp11,34 triliun. Status tersangka disematkan kepada pemegang saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) itu setelah KPK melakukan gelar perkara terkait hasil pengembangan perkara terpidana mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temanggung.

Syafruddin diganjar hukuman 15 tahun pidana penjara dan denda Rp1 miliar subsidair tiga bulan kurungan oleh Pengadilan Tinggi DKI dalam putusan banding. Majelis hakim menyatakan Syafruddin terbukti bersalah karena telah melakukan penghapusbukuan terhadap utang pemilik saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI), Sjamsul Nursalim, tahun 2004, dengan menerbitkan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI) tanpa persetujuan rapat terbatas kabinet Presiden Megawati Soekarnoputri.

Pada pertimbangan Putusan Pengadilan Tipikor No. 39/Pid.Sus/Tpk/2018/PN.Jkt.Pst disebutkan secara tegas bahwa tindakan terdakwa Syafruddin Arsyad Temanggung telah memperkaya Sjamsul Nursalim sebesar Rp4,58 triliun.

Baik Sjamsul Nursalim maupun Itjih Nursalim ( istrinya) dikenai Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Nama Sjamsul Nursalim pada 2018 lalu masih masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan nilai kekayaan diperkirakan US$810 juta atau sekitar Rp11,34 triliun. Putra penjual karet berusia 78 tahun ini memiliki sejumlah perusahaan termasuk Gajah Tunggal Group dengan penjualan 30% ban di Afrika, Asia Tenggara dan Timur Tengah. Menurut Forbes ia juga memiliki saham di Mitra Adiperkasa Iperkasa, yang mengoperasikan Zara, Topshop, Steve Madden dan merek lain di Indonesia. Forbes juga menyebut ia memiliki saham di Tuan Sing Holdings di Singapura, perusahaan yang mengembangkan dan memiliki berbagai jenis properti. (*red_bbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *