:: PROMO PASANG IKLAN di BERITAUPDATE.ID, khusus PERIODE JAN-FEB 2019 IKLAN SLIDE 320X320 pixel, HANYA Rp500K per bulan ::

Hacker : Begini Cara Mereka Curi Data Pribadi & WhatsApp

Beritaupdate.id, Tehnologi – David Jacoby, Peneliti Keamanan Senior di Kaspersky Lab, mengatakan, peretasan data adalah ancaman besar bagi kita semua. Ini berlaku baik untuk individu dan masyarakat, karena data yang dicuri dapat mendanai banyak kejahatan sosial. Peneliti Kaspersky Lab menemukan bahwa para hacker jahat dapat menjual kehidupan digital seseorang yang lengkap dengan harga kurang dari US$ 50 atau Rp 700 ribuan di dark web.

“Untungnya ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegahnya, termasuk dengan menggunakan perangkat lunak keamanan siber, apalagi mengingat banyaknya data yang dibagikan secara gratis, khususnya pada profil media sosial yang tersedia secara publik atau untuk organisasi,” ujar Jacoby dalam keterangannya.

Cara yang paling umum untuk mencuri data semacam ini adalah melalui phising spear atau dengan mengeksploitasi kerentanan keamanan dalam perangkat lunak aplikasi.Setelah serangan berlangsung sukses, hacker akan mendapatkan kumpulan data berisi kombinasi email dan kata sandi untuk layanan yang diretas.

Dengan banyaknya orang memasang kata sandi yang sama untuk beberapa akun, pelaku juga sangat mungkin untuk menggunakan informasi tersebut dalam upaya mengakses akun di platform lainnya. Menariknya adalah, beberapa pelaku penjual data memberikan garansi seumur hidup kepada pembelinya. Jika satu akun berhenti berfungsi, pembeli akan menerima akun baru secara gratis.

Marak pencurian Akun WhatsApp

Dalam hal pencurian akun WhatsApp, hacker hanya mengandalkan No Telephon dan Email target yang selanjutnya mereka instal pada HP mereka. Setelah mereka instal WhatsApp akan muncul PIN. Nah PIN ini yang mereka peroleh dengan cara menelphon atau melakukan SMS pada korban.

Sehingga untuk mengantisipasi akun WhatsApp dicuri, cara paling mudah yaitu dengan cara :

  • Jangan sekali-kali memberikan kode PIN 6 digit pada penelpohon atau SMS yang masuk.
  • Aktifkan Verifikasi Dua Langkah pada settingan WhatsApp anda, dengan cara : Buka Aplikasi WhatsApp anda, masuk pada bagian SETELAN, laku pilih AKUN selanjutnya TEKAN > VERIFIKASI DUA LANGKAH dan ikuti penjuk selanjutnya, dimana anda akan disuruh memasukkan 6 digit kode PIN serta Email yang biasa anda gunakan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu anda lupa kode PIN ini.

Jadi sekali lagi, kami ingatkan ..jangan sekali-kali memberikan KODE PIN WHATSAPP melalui SMS atau Telephon yang anda terima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *